Bidang Bidang pada Tubuh(Sagital, Coronal, Axial)

Seluruh dimensi dari tubuh manusia seperti yang terlihat dalam posisi anatomis, secara umum dapat dibagi melalui penggunaan bidang tubuh imajiner. Bidang ini membelah tubuh pada tingkat yang ditunjuk dari segala arah. Berikut empat bidang tubuh yang mendasar sebagaimana dimaksud dalam ilustrasi radiografi.

bidang tubuh.png

Sagittal Plane (Bidang Sagital)

Sagital plane adalah bidang yang membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh ke dalam segmen dekstra (kanan) dan sinistra (kiri). Bidang ini merupakan bidang vertikal yang melalui tubuh dari depan ke belakang. Midsagittal Plane (MSP) adalah suatu bidang sagital tertentu yang melewati garis tengah tubuh dan membaginya menjadi dua bagian kanan dan kiri sama besar.

Coronal Plane (Koronal Bidang)

Coronal plane adalah bidang yang membagi seluruh tubuh atau bagian tubuh ke dalam segmen anterior (depan) dan posterior (belakang). Bidang ini melewati tubuh secara vertikal dari satu sisi ke sisi lain. Midcoronal Plane (MCP) adalah bidang koronal tertentu yang melewati garis tengah tubuh, membaginya menjadi dua bagian anterior dan posterior yang sama. Bidang ini sering disebut sebagai bidang midaxillary. Karena berimpit dengan axillary line.

Horizontal Plane (Bidang Horisontal)

Horisontal plane adalah suatu bidang melintang melalui tubuh atau bagian tubuh dan tegak lurus dengan bidang sagital dan koronal. Bidang ini membagi tubuh menjadi bagian superior dan inferior. Seringkali disebut sebagai bidang transversal atau aksial.

Oblique Plane (Bidang miring)

Oblique plane adalah suatu bidang yang membagi tubuh atau bagian tubuh menjadi dua melewati bagian tubuh pada setiap sudut antara tiga bidang yang dibahas sebelumnya (Sagital, Coronal, dan Horizontal).

Leave a comment